Review Jurnal 2 (Perkembangan Akuntansi Internasional)


2.
Nama Jurnal
Jurnal Akuntansi dan Manajemen
Volume / Halaman
Volume 6/ No. 1 / 67 - 77
Nama Penulis
Gustina (Politeknik Negeri Padang)
Judul Jurnal
Studi Analisis Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia
Tanggal Jurnal
Juni 2011
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki pengembangan perbankan Syariah di Indonesia dan untuk menganalisis kinerja perbankan Syariah di Indonesia sebagai negara yang memiliki besar penduduk Muslim di dunia.
Metode Penelitian
Teknik Pengumpulan Data : Studi Pustaka
Teknik Analisis : Analisis Deskriptif Kualitatif
Variabel Penelitian
-Variabel independen dalam penelitian ini adalah Penerapan sistem akuntansi syariah
-Variabel dependen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kinerja perbankan syariah
Hasil Penelitian
Performance yang ditunjukkan oleh perbankan shariah Indonesia masih tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan negara tetangga yang juga terkena imbas krisis seperti Malaysia. Dengan dana awal perbankan shariah sebesar RM 400 ribu pada 19833, total asset sector ini bertumbuh sangat cepat, hingga akhir tahun 2004 telah berlipat ganda menjadi RM 95 juta4 dengan 10.5% pangsa pasar dalam perbankan5. Ini menunjukkan dalam kurun waktu yang sama (hampir 20 tahun) performance perbankan shariah Malaysia sangat jauh meningkat dibanding Indonesia. Padahal Indonesia adalah Negara dengan jumlah orang muslim yang banyak jika dibandingkan dengan Malaysia. Dan Indonesia sudah harus bersaing tidak hanya dengan Malaysia tetapi dengan Negara lainnya. Sesungguhnya islam sangat mendorong umatnya untuk saling bersaing karena dibalik itu akan tercipta kinerja / performance yang semakin baik jika bersaing secara positif. Dan untuk mencapai market share yang luas dan berkembang Indonesia harus memiliki skill dan kemampuan yang sesuai.
Kesimpulan Penelitian
Banyaknya kendala yang harus sama-sama dihadapi oleh pihak terkait seperti pihak perbankan, pemerintah, dan masyarakat termasuk kaum ulama dan usahawan Muslim harus mendorong kita untuk berikhtiar lebih kuat dan giat agar iklim perekonomian Islam seperti yang didambakan oleh seluruh umat dapat terlaksana.
Pendapat Mengenai Jurnal
Seharusnya membandingkan tidak hanya dengan Negara Malaysia saja

0 comments:

Post a Comment